Rabu, 23 Maret 2016

SEJARAH SEPAKBOLA INDONESIA

SEJARAH SEPAKBOLA 

INDONESIA 

Timnas Indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia tentunya tidak terlepas dari peran bangsa lain yang telah melakukan penjajahan atau perdagangan di wilayah Indonesia. Pertama kali, dalam sejarah sepak bola indonesia bahwa Cina lah yang memperkenalkan permainan sepak bola kepada Indonesia untuk menunjukkan bahwa negeri tirai bambu Cina juga tidak kalah superior dibanding negara-negara yang ada di Eropa seperti Belanda. Selain memiliki keinginan untuk melakukan perdagangan, Cina memiliki andil yang begitu besar dalam sejarah sepak bola indonesia. Telah tercatan bahwa pada tahun 1915 sudah terdapat banyak klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tionghoa, bahkan di tahun 1920 terdapat klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang sudah menjadi klub terhebat pada persepakbolaan Hindia Belanda (nama Indonesia tempo dulu), kehebatan Indonesia pada saat itu ternyata sudah pernah ikut dalam kancah piala dunia pada tahun 1938, dan mudah-mudahan Indonesia bisa kembali lagi setelah sekian lama tidak bergabung lagi di permainan sepak bola dunia.
Dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia, terdapat beberapa peristiwa yang penting untuk dicatat yaitu berdirinya asosiasi sepak bola Indonesia yang bertugas menaungi klub sepak bola yang ada di Indonesia dengan bernama PSSI atau persatuan Sepakbola seluruh Indonesia yang berdiri pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, PSSI berdiri sebelum keikutsertaan dalam pagelaran Piala Dunia pada tahun 1938 di Perancis.
Ada hal yang mesti dicatat pada perjalanan sejarah sepak bola indonesia ini dimana terjadi perselisihan antara PSSI dan NIVU untuk memutuskan siapa yang berhak ikut ke pertandignan Piala Dunia di Perancis, pada saat itu Soeratin Sosrosoegondo menginginkan pertandingan antara PSSI dengan NIVB akan tetapi FIFA lansung mengakui badan kerjasama PSSI dan NIVU sehingga nama yang dibawa ke Perancis bukan Indonesia melainkan Hindia Belanda.
Pada sejarah sepak bola indonesia juga terdapat tokoh yang menjadi sosok penting dibalik munculnya PSSI, Soeratin Sosrosoegondo yang merupakan anak pribumi yang sudah mengikuti pendidikan di Sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman. Beliau memiliki keinginan untuk mewujudkan Sumpah Pemuda sebagaimana yang dilakukan ditanggal 28 oktober 1928, menurut beliau bahwa sepak bola adalah cara yang sangat tepat untuk meningkatkan semangat rasa nasionalisme pemuda untuk melawan penjajahan Belanda. Kemudian Soeratin Sosrosoegondo jugalah yang memutuskan hubungan bersama dengan NIVU secara sepihak pada kongres yang dilakukan di SOLO pada tahun 1938, pemutusan hubungan ini merupakan imbas dari kekesalan beliau sebab pada setiap keikutsertaan dalam bermain sepak bola dipertandingan ternyata selalu memakai bendera NIVU atau Belanda. Kemudian, selanjutnya sepak bola Indonesia sempat vakum untuk beberapa tahun karena adanya jepang yang telah sukses mengusir Belanda dari Indonesia. Namun akhirnya Jepang memaksa kepada PSSI untuk segera masuk dalam bagian TAI IKU KAI atau badan olahraga jepang.
Nah, seperti itulah sejarah sepak bola dunia dan sejarah sepak bola Indonesia, jika kita melihat perjalanan sejarah sepak bola memang menemui jalan yang sangat panjang, dan sepak bola juga sudah menjadi kegiatan yang terkenal sampai saat ini dan memiliki penggemar dari kalangan manapun. Hanya saja permainan sepak bola adalah permainan yang keras karena harus melakukan kontak fisik terhadap pemain lainnya, sehingga dimunculkanlah beberapa peraturan sepak bola yang dapat melindungi para pemain agar terhindar dari cedera dan kesengajaan mencelakai. Tak tanggung-tanggung aturannya, tergantung tingkat kesalahannya dari denda sampai larangan bermain.
Hari ini sepak bola indonesia mesti bangkit, melakukan proses regenerasi dalam pemain profesional sehingga dapat bertarung di kancah dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar